BUKU PEDOMAN KEGIATAN SISWA
Kompetensi dasar : Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap
pertumbuhan tumbuhan
Tujuan Pembelajaran : Setelah melakukan eksplorasi dari berbagai literatur, diharapkan siswapertumbuhan tumbuhan
dapat :
1. Mengidentifikasi faktor luar dan faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan
2. Membuat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian
Materi pokok : Pertumbuhan pada tumbuhan
Model Pembelajaran : Kooperativ Tipe Jigsaw, Learning sircle
Kegiatan Pembelajaran 1
1. Carilah informasi dari berbagai buku biologi, internet atau informasi lain tentang faktor-
faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan bersama kelompok ahli.
2. Masing-masing kelompok ahli membahas satu bagian materi sesuai bagian yang
ditunjukkan oleh hurup Capital
3. Bagian materi yang tidak dibagi dalam hurup kapital, dibahas dalam kelompok asal.
3. Catatlah informasi yang kamu dapatkan kedalam buku panduan eksplorasi informasi
berikut :
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN
PADA TUMBUHAN
Pertumbuhan adalah proses.......................................................................................... ..............................................................................................................................................................................................................................................................................
Ciri Pertumbuahn adalah ..............................................................................................
..............................................................................................................................................................................................................................................................................
Perkembangan adalah proses .......................................................................................
..............................................................................................................................................................................................................................................................................
Ciri perkembangan adalah ...........................................................................................
..............................................................................................................................................................................................................................................................................
A. Faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan
B. Faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
C. Jenis pertumbuhan
1. Pertumbuhan primer ..................................
Terdapat pada ......................................................................................................................................................................................................
...................................................................................................
Dipengaruhi oleh hormon ...............................................................................
.................................................................................
2. Pertumbuhan sekunder
Terdapat pada ..................................................................................................
Dipengaruhi oleh aktivitas ...............................................................................
...............................................................................
...............................................................................
...............................................................................
...............................................................................
HORMON PADA TUMBUHAN
1. Auksin
Banyak terdapat pada.....................................................................................................
Berfungsi dalam
-
-
-
-
-
Teknologi pemanfaatan auksin
-
-
-
2. Giberelin
Banyak terdapat pada ....................................................................................................
Berfungsi dalam
-
-
-
-
-
Teknologi pemanfaatan Giberelin
-
-
-
3. Sitokinin
Banyak terdapat pada ....................................................................................................
Berfungsi dalam
-
-
-
Teknologi pemanfaatan Sitokinin
-
-
-
4. Etilin
Banyak terdapat pada ....................................................................................................
Berfungsi dalam
-
-
-
Teknologi pemanfaatan Etilin
-
-
5. Asam absisat
Banyak terdapat pada ....................................................................................................
Berfungsi dalam
-
-
-
6. Asam Traumalin
Banyak terdapat pada ..................................................................................................
Berfungsi dalam...........................................................................................................
7. Kaulokalin
Banyak terdapat pada ..................................................................................................
Berfungsi dalam...........................................................................................................
8. Filokalin
Banyak terdapat pada ..................................................................................................
Berfungsi dalam...........................................................................................................
9. Antokalin
Banyak terdapat pada ..................................................................................................
Berfungsi dalam...........................................................................................................
10. Rizokalin
Banyak terdapat pada .................................................................................................
Berfungsi dalam...........................................................................................................
BUKU PEDOMAN KEGIATAN SISWA
Kompetensi dasar : Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan
tumbuhan
Tujuan Pembelajaran : Setelah melakukan eksplorasi dari berbagai literatur, diharapkan siswa dapat :
1. Mengidentifikasi faktor luar dan faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan
2. Membuat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian.
Materi pokok : Pertumbuhan pada tumbuhan
Model Pembelajaran : Kooperativ Tipe Jigsaw
Kegiatan Pembelajaran 2
1. Susunlah sebuah rencana penelitian tentang pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan
pada tumbuhan
2. Buatlah sebuah proposal penelitian dengan mengacu pada buku panduan susunan proposal
berikut !
JUDUL
A. Pendahuluan
1. Latar belakang masalah
2. Identifikasi masalah
3. Rumusan masalah
4. Tujuan Penelitian
5. Manfaat Penelitian
B. Tinjauan Pustaka
1.
2.
3.
4.
C. Metode Penelitian
1. Jenis Penelitian
2. Waktu dan Tempat Penelitian
3. Populasi Penelitian
4. Sampel Penelitian
5. Prosedur penelitian
6. Metode Pengumpulan data
7. Alat Pengumpulan data
BUKU PEDOMAN KEGIATAN SISWA
Kompetensi dasar : Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan
tumbuhan
Tujuan Pembelajaran : Setelah melakukan eksplorasi dari berbagai literatur, diharapkan siswa
dapat :
1. Menyiapkan alat dan bahan
2. Merancang berbagai perlakuan dalam percobaan
3. Memberikan perlakuan dan mencatat hasil penelitian
4. Memberikan kontrol dan mencatat hasil penelitian
5. Menganalisa data
6. Menginterpretasi hasil percobaan
Materi pokok : Pertumbuhan pada tumbuhan
Model Pembelajaran : Kooperativ Tipe Jigsaw
Kegiatan Pembelajaran 3
1. Lakukanlah penelitian tentang pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan pada tumbuhan
2. Ikuti langkah penelitian berikut :
PENGARUH CAHAYA TERHADAP PERTUMBUHAN KECAMBAH KACANG HIJAU
A. Menyiapkan alat dan bahan penelitian
1. Siapkan 12 gelas aqua dengan ukuran dan bentuk yang sama
2. Masukkan kapas / kertas kedalam gelas
3. Tuangkan sedikit air sampai kapas / kertas di dalam gelas basah semuanya
4. Siapkan biji kacang hijau untuk perkecambahan
B. Rancangan Penelitian
1. Pilihlah biji kacang hijau yang memiliki bentuk, ukuran dan warna yang seragam sebanyak 60 biji
2. kelompokkan biji tersebut menjadi 12 kelompok
3. Buat 3 kertas yang bertuliskan K0, K1, K2.
K1 untuk perlakuan 1di tempat gelap
K2 untuk perlakuan 2 di tempat terang
Ko untuk kelompok kontro di tempat remang-remang.
4. Buatlah 4 kertas undian untuk ulangan pada masing-masing kelompok sebanyak 4 ulangan dengan bertuliskan U1, U2, U3, U4.
5. Undilah kertas Undian K0 dengan kertas Undian U1,U2,U3 dan U4 untuk 4 gelas pertama.
6. Lakukan hal yag sama untuk K1 dan K2
7. Tuliskan hasil pengundian pada tabel berikut :
Contoh :
K0U1 K0U2 K0U3 K0U4
K1U1 K1U2 K1U3 K1U4
K2U1 K2U2 K2U3 K2U4
Masukkan masing-masing kelompok pada tempat yang berbeda
C. Memberikan perlakuan pada penelitian
1. letakkan 4 gelas pada daerah terang
2. letakkan 4 gelas pada daerah gelap
D. 1. letakkan 4 gelas pada daerah remang-remang sebagai kontrol
E. Amati pertumbuhan pada kecambah dengan mengukur pertambahan panjang pada setiap kecambah yang tumbuh selama 5 hari setelah kecambah tumbuh
F. Masukkan hasil pengamatan kedalam tabel pengamatan
Tabel 01
Pertambahan panjang kecambah
G. Lakukan analisa terhadap data yang diperoleh
H. Berikan interpretasi terhadap data tersebut.
I. Lengkapi proposal yang telah disusun sebelumnya menjadi sebuah makalah penelitian dengan memberikan kesimpulan
BUKU PEDOMAN KEGIATAN SISWA
Kompetensi dasar : Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
Tujuan Pembelajaran : Setelah melakukan eksplorasi dari berbagai literatur, diharapkan siswa dapat :
1. Mengidentifikasi struktur enzim
2. Mengidentifikasi sifat-sifat enzim
3. Mengidentifikasi cara kerja enzim
4. Membandingkan teori gembok dengan teori induced fit
5. Mendeskripsikan Faktor-faktor yang mempengaruhi keja enzim.
6. Mengidentifikasi jenis inhibitor dan aktivator enzim
Materi pokok : Metabolisme
Model Pembelajaran : Kooperativ Tipe Jigsaw, Learning sircle
Kegiatan Pembelajaran 4
1. Carilah informasi dari berbagai buku biologi, internet atau informasi lain tentang Enzim
dalam kelompok ahli
2. Catatlah informasi yang kamu dapatkan kedalam buku panduan eksplorasi informasi
berikut :
ENZIM
A. Struktur enzim
Bagian Utama....................... ( .................................. )
Bagian lain (..................................) :
1. Berupa Vitamin (...............................................)
Sifat :
Contoh :
-
-
-
2. Berupa Ion Logam ( ........................................... )
Sifat :
Contoh :
-
-
-
Gabungan/konjugasi bagian 1 dengan bagian 2.
Bagan Struktur Enzim
Protein
Sederhana
Konjugasi
Bagian Utama , bagian Lain
( ................... ) ( .....................)
Vitamin Logam
( ............) ( ........... )
Deskripsi :
B. Sifat- sifat enzim
1. ............................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................
2. ............................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................
3. .............................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................
4. ..............................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................
5. ...............................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................
6. ...............................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................
C. Cara kerja Enzim
1. Kunci gembok ( Lock and Key )
2. Kecocokan Induksi ( Induced fit )
3. Perbandingan teori lock and key dengan Induced fit
4. Faktor yang mempengaruhi kerja enzim
1. ……………………………………….
2. ……………………………………….
3. ………………………………………..
4. ………………………………………..
D. Aktivator dan inhibitor
1. Aktivator
2. Inhibitor
a. Komptitif
b. Non Kompetitif
Kirimkan jawaban kamu ke email : Suadabawa@yahoo.co.id
Isikan identitas kamu pada jawaban yang kamu kirim, termasuk email yang kamu punya.
Setiap jawaban pada kegiatan pembelajaran yang manapun akan mendapat apresiasi dari suada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar